contoh soal analisa pasar
CONTOH SOAL ANALISA PASAR
A.PILIHAN GANDA
1. Dalam tahapan perencanaan riset pasar dan pemasaran kita dapat menggunakan metode sekunder dan primer. Data sekunder merupakan data.....
a. data asli yang dikumpulkan langsung oleh periset untuk menjawab masalah risetnya secara khusus.
b. Merancang pertanyaan atau kuesioner yang akan ditanyakan kepada pihak yang disurvey. Pertanyaan dalam kuesioner dapat bersifat terbuka ataupun tertutup.
c. Analisis data dengan menguraikan cara menginterpretasikan data yang akan dianalisa
d. Data sekunder adalah data yang telah dikumpulkan oleh pihak lain, bukan oleh periset sendiri.
e. Data-data
2. Pembisnis yang serius mengembangkan produknya harus memperhatikan...
a. Riset pasar
b. Kebutuhan konsumen
c. Segmentasi pasar
d. Selera konsumen
e. Konsumen
3. Bapak Budiman seorang pengusaha kue. Dia menitipkan produknya di tokotoko atau warung yang ada di sekitar rumahnya dan toko-toko atau warung yang juah dari tempat tinggalnya. Kegiatan apa yang sedang dilakukan oleh Bapak Budiman?
a. Melakukan survei pasar
b. Mengamati tingkat persaingan pasar
c. Mengamati perkembangan pasar
d. Melakukan uji coba riset pasar
e. Uji coba
4. Dari pertanyaan no 3 mengapa Bapak Budiman melakukan kegiatan tersebut?
a. Untuk mengetahui kondisi pasar
b. Untuk mengetahui tanggapan pasar
c. Untuk memasuki pasar yang sudah penuh pesaing
d. Untuk bahan pertimbangan dalam menjual produk
e. Bahan pertimbangan
5. Pada dasarnya, analisa pasar dilakukan untuk mengetahui....
a. Potensi pasar yang bisa dimanfaatkan oleh pemasar untuk mendapatkan keuntungan
b. Potensi pasar yang dapat dijadikan peluang untuk berbisnis
c. Potensi pasar yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk menjual produk dalam kegiatan bisnis
d. Potensi pasar yang dapat dijadikan sebagai kekuatan dalam melaksanakan bisnis
e. Bisnis
6. Ibu Ratna seorang pengusaha Spa tradisional sedang melakukan kegiatan menyebarkan kuisioner, angket, dan melakukan wawancara secara langsung dengan konsumen. Kegiatan apa yang sedang dilakukan oleh ibu Ratna?
a. Melakukan pengumpulan data untuk mendapatkan informasi produk
b. Melakukan riset pasar
c. Melakukan survei pasar
d. Melakukan pengumpulan data untuk mengetahui minat konsumen
e. Observasi
7. Menurut Burn and Bush, riset pemasaran adalah proses perancangan, pengumpulan, penganalisisan, dan pelaporan informasi, yang digunakan untuk memecahkan masalah pemasaran secara khusus. Dari defenisi ini dapat ditarik kesimpulan tentang riset pemasaran. Yang bukan merupakan kesimpulan riset pemasaran adalah....
a. Terdiri dari beberapa tahap sehingga menjadi suatu proses
b. Hasil akhir berupa informasi
c. Ditujukan untuk membantu pengambilan keputusan manajemen pemasaran.
d. Hasil akhir berupa data-data
e. Hasil
8. Yang bukan merupakan hal-hal yang perlu dilakukan oleh periset dalam menetapkan masalah riset adalah....
a. Memperoleh psaudarangan klien mengenai masalah yang sebenarnya terjadi
b. memperoleh psaudarangan yang mendalam dan menyeluruh mengenai masalah yang sebenarnya
c. Mempertimbangkan sumber dan jenis informasi yang sebenarnya dibutuhkan oleh klien
d. Mengkombinasikan masukan informasi dari pihak klien dengan periset
e. Memperoleh psaudarangan klien mengenai masalah yang sebenarnya terjadi dan mempertimbangakan sumber
9. Problem Solving Research merupakan penelitian yang bertujuan untuk membantu menyelesaikan masalah pemasaran yang spesifik, seperti...
a. segmentation research, product research, pricing research, promotion research, distribution research.
b. market potential research, market share research, promotion research, distribution research.
c. segmentation research, product research, image research, market characteristics research, sales analysis research
d. image research, market characteristics research, sales analysis research, , promotion research, distribution research.
e. promotion research, distribution research.
10. Sebelum memasarkan produk, sebaiknya Saudara mengetahui tingkat persaingan yang ada di pasaran. Bagimana caranya?
a. Lakukan survei pasar untuk mengetahui pesaing
b. Sebarkan angket dan kuisioner untuk mendapatkan data tentang produk pesaing
c. Tawarkan inovasi baru untuk memasuki pasar yang sudah dipenuhi para pesaing
d. Tawarkan penawaran harga yang relatif murah untuk memasuki pasar yang sudah dipenuhi para pesaing
e. Menawarkan
B.ESSAY
1. Mengapa pemasar atau manajemen perusahaan memerlukan informasi yang tepat dan akurat tentang produk yang akan dijual, konsumen dan pesaing serta potensi pasar?
Jawaban : Informasi yang tepat dan akurat diperlukan dalam mengambil sebuah keputusan jangka pendek maupun jangka panjang dengan maksud untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan dari sebuah usaha.
2. Bagian selain bagian Marketing adalah merupakan pendukung dari bagian pemasaran, coba sebutkan alasannya?
Jawaban: Karena suksesnya bagian pemasaran merupakan kesuksesan bagianbagian lain dari perusahaan tersebut karena didukung oleh bagianbagian lain dari perusahaan.
3. Mengapa bagian marketing sering disebut jantung dari perusahaan?
Jawaban: Karena Bagian Marketing hidup matinya perusahaan, jika penjualan menurun maka perusahaan akan lesu, dan sebaliknya jika bagian marketing dapat memesarkan produk secara sukses maka perusahaan akan bergairah dan akan berjalan sesuai dengan mestinya
4. Coba sebutkan bagian-bagian apa saja yang ada diperusahaan?
Jawaban: Bagian yang ada diperusahaan pada umum nya yaitu bagian marketing, bagian akuntansi, bagian keuangan, bagian produksi, bagian gudang, dan bagian service. Pada perusahaan yang besar organisasi akan semakin komplek akan lebih banyak perusahaan membentuk bagian-bagian di perusahaan, pada perusahaan kecil mungkin bagian-bagian pada perusahaan semakin sederhana. Bagian-bagian yang ada diperusahaan tergantung kebutuhan yang ditafsirkan oleh manajemen
5. Coba sebutkan bagian-bagian apa saja yang ada dibagian pemasaran?
Jawaban: Bagian marketing pada umumnya terdiri dari riset pasar, promosi, iklan, penjualan, distribusi dan layanan purna jual.
6. Mengapa riset pasar merupakan bagian terpenting dari bagian pemasaran?
Jawaban: adalah karena data dari riset pasar merupakan dasar keputusan manajemen diantaranya adalah pertama untuk menentukan Perlakukan produk yang sudah ada untuk meningkatkan penjualan. Kedua untuk menetukan Produk atau jasa baru yang akan di luncurkan (launching).
7. Coba jelaskan apa yang dimaksud analisa, riset, pasar dan analisa riset pasar? dan cari referensi dari buku lain tentang analisa, riset, pasar dan analisa riset pasar.
jawaban:
Jawaban: Karena Bagian Marketing hidup matinya perusahaan, jika penjualan menurun maka perusahaan akan lesu, dan sebaliknya jika bagian marketing dapat memesarkan produk secara sukses maka perusahaan akan bergairah dan akan berjalan sesuai dengan mestinya
4. Coba sebutkan bagian-bagian apa saja yang ada diperusahaan?
Jawaban: Bagian yang ada diperusahaan pada umum nya yaitu bagian marketing, bagian akuntansi, bagian keuangan, bagian produksi, bagian gudang, dan bagian service. Pada perusahaan yang besar organisasi akan semakin komplek akan lebih banyak perusahaan membentuk bagian-bagian di perusahaan, pada perusahaan kecil mungkin bagian-bagian pada perusahaan semakin sederhana. Bagian-bagian yang ada diperusahaan tergantung kebutuhan yang ditafsirkan oleh manajemen
5. Coba sebutkan bagian-bagian apa saja yang ada dibagian pemasaran?
Jawaban: Bagian marketing pada umumnya terdiri dari riset pasar, promosi, iklan, penjualan, distribusi dan layanan purna jual.
6. Mengapa riset pasar merupakan bagian terpenting dari bagian pemasaran?
Jawaban: adalah karena data dari riset pasar merupakan dasar keputusan manajemen diantaranya adalah pertama untuk menentukan Perlakukan produk yang sudah ada untuk meningkatkan penjualan. Kedua untuk menetukan Produk atau jasa baru yang akan di luncurkan (launching).
7. Coba jelaskan apa yang dimaksud analisa, riset, pasar dan analisa riset pasar? dan cari referensi dari buku lain tentang analisa, riset, pasar dan analisa riset pasar.
jawaban:
- Analisa adalah suatu kegiatan untuk mencermati dan mengamati secara terperinci sesuatu objek dengan cara menguraikan unsurunsur pembentuknya atau penyusunnya untuk di kaji lebih lanjut. Sesuatu objek adalah produk dan data calon pelanggan berupa prilaku, keinginan dll yang berhubungan dengan produk dan layanan.
- Riset adalah suatu proses investigasi yang dilakukan secara aktif, teliti, tekun, dan sistematis, bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan atau menafsirkan, dan merevisi atau menelaah yang baik dan yang buruk data atau informasi.
- Pasar adalah salah satu dari berbagai alur yang beraturan (sistem), institusi atau lembaga, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur (tempat) dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang.
- Analisa riset pasar adalah suatu rancangan, pengumpulan, analisis dan pelaporan data dan temuan secara sistematis, yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu (jenis-jenis pasar) yang dihadapai para pemasar atau perusahaan dengan menyajikan data hasil riset dengan maksud untuk dasar pengambilan keputusan pemasaran
8. Sebutkan tahapan dari Riset Pasar?
Jawaban:
- Rancangan artinya merancang dengan mendifinisikan masalah dan Sasaran Riset
- Mengembangkan rencana riset
- Pengumpulan artinya mengumpulkan data atau informasi
- Analisis artinya menganalisis data atau informasi yang diperoleh
- Pelaporan artinya menyajikan hasil dari riset pasar temuan-temuan dari hasil riset pasar.
- Informasi dari hasil laporan sebagai dasar untuk mengambil keputusan.
9. Siapa yang melakukan riset pasar?
Jawaban: Perusahaan atau lembaga dan perorangan yang membutuhkan data atau informasi mengenai barang atau jasa yang akan dijual atau barang yang akan di pasarkan.10. Apakah riset pasar merupakan peluang usaha atau peluang pekerjaan, mengapa?
Jawaban: Riset Pasar dibutuhkan oleh setiap perusahaan, pemasar dan yang membutuhkan informasi tentang konsumen yang akan membeli produk atau jasa yang dibutuhkan, dengan demikian yang membutuhkan informasi tersebut membutuhkan seorang periset sebagai karyawan maupun konsultan periset.
Jawaban: Perusahaan atau lembaga dan perorangan yang membutuhkan data atau informasi mengenai barang atau jasa yang akan dijual atau barang yang akan di pasarkan.10. Apakah riset pasar merupakan peluang usaha atau peluang pekerjaan, mengapa?
Jawaban: Riset Pasar dibutuhkan oleh setiap perusahaan, pemasar dan yang membutuhkan informasi tentang konsumen yang akan membeli produk atau jasa yang dibutuhkan, dengan demikian yang membutuhkan informasi tersebut membutuhkan seorang periset sebagai karyawan maupun konsultan periset.
Komentar
Posting Komentar