PENGERTIAN SEGMENTASI PASAR
Pengertian Segmentasi Pasar adalah pembagian kelompok konsumen/ pembeli yang memiliki kebutuhan, karakteristik, dan perilaku yang berbeda-beda (heterogen) di dalam pasar tertentu sehingga nantinya menjadi satuan pasar yang homogen dan dijadikan sasaran pasar dengan strategi marketing mix tersendiri. Segmentasi pasar adalah strategi suatu perusahaan untuk mengenal minat dan kebutuhan konsumen di suatu market yang kemudian menciptakan produk baru (product diversification) yang sesuai dengan minat dan kebutuhan konsumen
Tujuan Segmentasi Pasar
1. Memudahkan Dalam Membedakan Pasar
Dengan mengelompokkan konsumen yang sifatnya homogen maka perusahaan akan lebih mudah memahami kebutuhan dan minat konsumen. Hasil akhirnya, suatu pasar akan lebih mudah untuk dibedakan dengan kelompok pasar lainnya.
2. Pelayanan Konsumen Menjadi Lebih Baik
Dengan melakukan market segmentation, maka perusahaan akan lebih mudah memberikan pelayanan sesuai dengan segmentasinya.
3. Strategi Pemasaran Lebih Terarah
Dengan adanya pengelompokan pasar maka perusahaan dapat mengarahkan dana dan usahanya ke market yang potensial dan lebih menguntungkan.
4.Evaluasi Target dan Rencana Bisnis
Setelah memahami segmen pasar dan karakteristiknya, maka perusahaan dapat melakukan suatu evaluasi atas kegiatan pemasaran yang pernah dilakukan sebelumnya.
Manfaat Segmentasi Pasar
- Perusahaan memiliki dan menerapkan ide pemasaran yang lebih terarah.
- Perusahaan akan terbantu dalam hal pengaturan produk menjadi lebih baik.
- Perusahaan mengetahui dan membandingkan peluang pasar baru.
- Perusahaan dapat menyusun dan menggunakan budget yang ada secara efektif dan efisien.
- Perusahaan akan terbantu dalam menciptakan daya tarik di bidang pemasaran.
- Perusahaan akan berada pada situasi yang lebih menguntungkan di pasar.
Komentar
Posting Komentar